Sunday, May 27, 2012

Makasih ya Allah, lolos snmptn undangan 2012 UI!

Sebelumnya, 26 Mei 2012 tepat pukul 00.00 Gue mendapat kabar bahagia dari website sekolah. Ini gambarnya:
Kalian semua pasti heran, pasti mikirnya "Duh UN aja sok-sokan deg-degan sih, pasti lulus lah". Tapi beda ama Gue. Jujur sejujur-jujurnya gue ketakutan setengah mati nunggu nih hasil, walau sebelumnya ada bocoran kalo SMA 3 lulus 100%. Oke fine, buat fisika gue optimis, biologi ama kimia walau ketar-ketir tapi lumayan lah, Bahasa Inggris ama Indonesia alhamdulillah bisa mengarang bebas. Nah, masalahnya adalah MTK! gue cuma yakin setengahnya, sisanya ngasal parah. Mending yang setengahnya bener, nah kalo masih pake salah? Habislah nama baik gue wkwk. Bisa jiper dimarahin orang dinas gue masa sekolah RSBI muridnya ada yang kaga lulus. Syukur alhamdulillah UN gue Halal 100%, inilah yang bikin gue bangga. Nilai udah jelas gabisa dibanggain, tapi kejujuran? Lets see, kejujuran di negeri ini emang murahan gak bedanya ama sampah. Tapi dengan kejujuran inilah seonggok sampah sekalipun dapat berguna nantinya. Maap broh curhat :'). 

Nah ini nih, gue lagi ikut kelas bimbel sejarah di Primagama Benhil. Terus temen gue si Diva ama Sicco ngasih tau kalo pengumuman dimajuin jadi hari itu jam 5 sore. Reaksi gue apa? Dengan selownya gue bilang "Ah paling cuma hoax tuh sama kaya pengumuman UN", betapa sotoynya dirikuh :p. Pulang dari primagama gue langsung online dan internetan. Whaaaatttttttt????!! Gue baca di kompas.com ada tulisan "snmptn undangan diumumkan sore hari ini". Gue langsung kalap. Bener aja tuh website udah counting down menit permenit, detik perdetik. Fadhil juga sms gue dia nyuruh gue buka web undangan. Seketika langsung mules dan mau pingsan gue (Lebay qaqa). Tangan gemeteran beneran. Biar tenang gue buka youtube dengerin nasyid-nasyid islami (Aliim cekalee). Gue juga sms-an ama si Eja, dia berbagi ketegangan ama gue (ups).

Detik-detik terus berlalu, beberapa menit sebelum pengumuman gue chatting ama Ubadah. Kita galau-galauan bareng. Haha hihi bareng biar kagak tegang. Sampe-sampe ketawa bareng ngomongin agama cherrybelle (chatting paling ga penting). Makin lama chatting makin ga asik. Kita udah makin ga jelas aja chat-nya sama-sama teriak "aaaaaaaaaaaa aaaa a aaaaaaaa". Aneh kan. Jreng-jreng nyokap dateng ke kamar. Huee gue langsung kasih tau nyokap pengumuman dimajuin. Alhasil nyokap ikutan histeris wkwk, tapi berhubung masih beberapa menit lagi dia mohon izin untuk mandi dulu katanya. 5 menit sebelum pengumuman nyokap masuk kamar lagi. Kita galau-galauan bareng deh UuuUu. 1 menit sebelum pengumuman gue bilang ke nyokap "Mi kalo ga lolos gapapa ya, jangan terlalu berharap. Nilai mtk 7 koma semua dirapot ga bisa diharepin buat masuk UI" kata gue sambil masang muka melankolis hehehe. Nyokap pun membalas dengan bijak "Iya gapapaaa, tenang aja banyak jalan menuju UI bang. Ummi ga masalah kok yang penting kita udah coba". So sweet dan unyu banget kan kita -__-.

Okee, berhitung bersama-sama! 5............................. 4.............................. 3................................... 2................................. 1............................................
Hueeeeeeeeeee kalap masukin nomer peserta ama tempat tanggal lahir. Tekan Enter............................... Lalu diam sejenak........................................ daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan............................................
BERPELUKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAN! (Hueueue kaya film teletubbies)
Tulisannya: Anda lulus seleksi!
Gue ama nyokap teriak-teriak kegirangan. Nenek gue ampe dateng. "Ada apa ini? knapa kalian histeris?" "Salman masuk UI maaaaaaaaaaaak" "Alhamdulillah ya Allah, akhirnya ada lagi penerus di keluarga kita masuk FMIPA UI hueeee"
----------------------------Happy ending :')---------------------------
Ini buktinya kawaaaaaaan, cekidot:




Ampe ada tiga versi tuh biar yakin. Alhamdulillah ya Allah. Engkau beri lagi aku hadiah. Makasih ya Allah. Makasih Ayah dan Ummi, Guru-guruku, teman-temanku, semuanya deh.

26 comments:

Anonymous said...

Klo bolah tau., kmu Ranking berapa di kelas? Kalo ranking paralel 1 sekolah brp?
Trus milih jurusan apa aja di undangan?
Sy jg pengen msk geo ui nih..
Jawab ya,,, thx

Salmantep said...

Tenang aja, rankingku jelek kok. Saking jeleknya ampe lupa ranking berapa hehehe. Tapi kalo gak salah sih ranking paralel urutan 31 dari 200 anak IPA. Temenku yang ranking 1 paralel masuk undangan FKUI kok.Milihnya ya Geografi (UI), Teknik Lingkungan (UI), sama Sistem Informasi (UNBRAW) :)

Anonymous said...

Saya mau nanya, saya juga ada niat masuk geografi ui, kalo boleh tau bisa dikasih tau gak nilai kakak persemester, terus sertifikat apa aja yg dilampirin? hehe makasih

Salmantep said...

Hahahaha kalo sebut nilai saya agak malu juga sebutnya. Tapi gapapa. Matematika saya gak pernah nyentuh angka 80, alias smt.3,4,5 cuma 75,77,76 (kalo gak salah sih gitu), biologi saya lupa, yang jelas menurun terus dr semester 3 ke 5. Fisika ama kimia lupa tapi alhamdulillah stabil itu nilainya dan naik dikit. Sertifikatnya juara 1 nasional karya tulis ekonomi FEUI, juara 2 lomba baca berita bahasa jerman tingkat sekolah, udah itu doang. Semangat ya!

Anonymous said...

Menurut kakak gelar sekolah kakak RSBI itu juga berpengaruh gak ya? Terus kenapa kakak pilih ui geografi?

Salmantep said...

Kurang berpengaruh juga kayanya, kan sekolah bagus gak harus RSBI. Emang suka geografi dari dulu, emang gak ada minat di teknik atopun kedokteran dll. Kebukti kuliah geografi itu seru dan gak ngebosenin

Anonymous said...

Nilai geografi kakak sendiri dikelas 10 bagaimana? Kan kakak jurusan IPA pasti gak ada nilai geo dikelas 11 dan 12nya

Salmantep said...

Gak ada hubungannya sih nilai geografi saya berapa pas kelas 10. Soalnya waktu snmptn undangan angkatan saya kan yg dipake cuma nilai semester 3, 4, ama 5.

Anonymous said...

Assalamualaikum ka saya mau nanya nih saya barusan liat di situs masuk regular UI disitu dituluis peminat geografi ui snmptn 2012 69 dari 40 kursi. Nah setau kakak 69 orang itu yang milih di jurusan pertama aja, atau udh yg termasuk yg milih sbg pilihan kedua? Thanks ka

Salmantep said...

untuk itu saya kurang tau dek. Fyi, katanya tahun 2013 ini peminatnya melonjak naik, bahkan ketua departemen sampai dihubungi sama panitia simak UI dia nanya ada apa sama geografi peminatnya nyampe melonjak naik. Tapi kurang tau persisnya berapa. Tunggu aja info dr website resminya.

Anonymous said...

Melonjak naiknya yg jalur apa ka? Snmptn atau sbmptn atau simak?

Salmantep said...

waduh gatau dah kalo spesifiknya. Oh iya udah ada nih bocoran jalur masuk UI 2014 http://simak.ui.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/JALUR-MASUK-UI-2014.pdf

Anonymous said...

Wah terima kasih ka infonya, sukses selalu di geo UI :)

Anonymous said...

Ka peminat geografi ui utk 2014 bakalan naik drastis?

Salmantep said...

Kalau masalah itu saya kurang tau mas. Yang jelas trend-nya memang selalu naik. Tapi berapa besarnya saya tidak tahu.

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb kak salman alhamdulillah saya keterima di snmptn geografi UI, siap-siap jadi MABA Geo UI 2014 nih, berkat saya nemuin blog ini makasih banyak kak salman udah nge-respon setiap pertanyaan saya dan jawaban dari kakak jadi referensi saya dalam milih jurusan geografi UI ini :) sekali lagi terima kasih banyak kak!

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Eh saya gak nyangka omongan "asal-asalan" saya ini kamu anggap seserius ini haha. By the way, selamat ya atas kerja kerasnya selama ini!

Faris said...

kak saya mau nanya.. sebelumnya ada alumni kakak yg sdh diterima di snmptn/sbmptn/simak di jurusan geografi UI ga di SMAN nya kakak? thx, atas perhatiannya...

Faris said...

soalnya yg saya tau alumni yg sudah diterima mempengaruhi penilaian snmptn..

Salmantep said...

Waduh, berhubung SMA saya umurnya aja udah hampir 60 tahun saya pastikan pasti ada alumni saya yang masuk Geografi UI. Tapi yang saya tau, 3 tahun diatas saya tidak ada satupun senior saya yang masuk geografi UI. Hmm tapi dosen-dosen saya banyak yang satu almamater sih ama SMA saya. Pede aja, banyak kok yg ga ada seniornya haha

Anonymous said...

Kak, kakak alumni smantig jakarta ya kak? Aku sekarang sekolah disitu. Aku mau nanya, pas zaman kakak dan tahun tahun diatas kakak, banyak gak kak yang dapet FKUI (snmptn dan sbmptn)? Aku pengen bangettt masuk FKUI kak apalagi jalur undangan, tapi belakangan ini gak ada kakak kelas yang dapet FKUI undangan dan ditambah lagi baru aja ada masalah. Itu berpengaruh gak ya kak? Ditunggu ya kak jawaban & infonya, makasih banyak kak

Salmantep said...

Iya. Diangkatan saya yang masuk FKUI ada 2 orang. Satu lewat jalur undangan 1 lewat jalur tulis. Buat masuk undangan FKUI emang dibutuhin nilai yang "luar biasa". Rata-rata nilai teman saya itu 90an lebih. Makannya, fokus juga buat ikut tes. Belajar super keras biar bisa tembus FKUI. Semangat yah!

Anonymous said...

Makasih kak buat jawabannya hehe. Temen kakak itu nilai 90an nya dari semester 1 kak?

Salmantep said...

ya kayanya sih begitu

Unknown said...

Halo kak mau nanya dong... geo UI itu termasuk ipa atau ips ya kak? Kak saya anak ipa yg rencanya mau ambil geo UI, nah semenjak kelas 11 saya udh gaada belajar geo lg, jd gaada nilai geo, kira2 saya tetep bisa daftar gak ya kak di geo UI utk snmptn? Ohiya kalo mau masuk snmptn jurusan geografi nilai2 yg dipertimbangkan itu mapel apa aja kak?

Salmantep said...

Halo @Azizah Nurul, Geo UI termasuk IPA ya karena berada dibawah naungan FMIPA UI. Tentu bisa melalui snmptn. Untuk hal tersebut merupakan rahasia pihak departemen.