Monday, August 20, 2012

Akhirnya Aku Pilih Geografi UI

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa Aku memilih jurusan Geografi di Universitas Indonesia. Sebagian besar lagi pasti menganggap aneh keputusan yang ku ambil. Baiklah, akan ku ceritakan perjalanan panjangku memilih jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia. Berikut kisahnya:

Sama seperti siswa-siswa kelas XII SMA lainnya, Aku pun sempat merasakan yang namanya galau kuliah. Baik dari segi jurusan, hingga kampusnya. Kalau ditanya apa cita-citaku dulu, jujur dari zaman sekolah dasar aku selalu menjawab Arsitek, ya entah kenapa hanya arsitek yang terbayang olehku dulu. Mungkin karena pada saat itu aku sedang senang-senangnya menggambar dan melukis. Walaupun prestasiku dalam menggambar biasa saja, setidaknya aku pernah mendapat beberapa gelar juara di perlombaan. Beranjak ke masa SMP, aku masih saja berkeinginan menjadi seorang arsitek, walau keinginan itu sempat goyah juga akhirnya. Ya, aku pernah mengganti cita-cita ku menjadi seorang akuntan. Pada saat itu aku terinspirasi oleh beberapa orang sukses lulusan salah satu perguruan tinggi kedinasan di Bintaro, yang memang sangat terkenal gaungnya. Beranjak SMA, cita-citaku semakin tak menentu. Tak tahu kenapa tiba-tiba aku mulai tidak tertarik menjadi arsitek. Merasa penasaran, aku kerapkali mengikuti tes psikologi serta tes minat dan bakat. Anehnya, setiap memilih jurusan tertentu, selalu saja psikolog mengatakan iya aku bisa mengambilnya.
Hingga akhirnya, aku tertarik dengan salah satu program studi di Universitas Indonesia, Sistem Informasi. Semangatku untuk masuk jurusan tersebut sangat besar. Bahkan aku sempat mengikuti open house fakultas ilmu komputer dan berkonsultasi dengan beberapa senior disana. Hingga sekarang, semua brosur dan pernak-pernik yang aku dapatkan dari Fasilkom masih ku simpan semua dengan rapi. Namun, semakin lama ku mencari tahu tentang jurusan tersebut, semakin goyah pula pilihanku. Padahal aku pernah mencapai titik dimana sistem informasi menjadi harga mati bagiku. Bahkan, Ayah dan Ibuku sampai heran melihat diriku yang sangat kekeuh memilih jurusan tersebut. Lama kelamaan keinginan itu pun semakin pudar dan menghilang. Di pertengahan kelas XII aku mengikuti salah satu kompetisi ekonomi tingkat nasional di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Alhamdulillah, aku lolos hingga babak final bersama teman-teman dan pembimbingku. Hampir seminggu aku dan teman-teman harus pulang pergi Jakarta-Depok untuk mengikuti rangkaian kegiatan lomba di FEUI. Hal tersebut dengan mudahnya membuat diriku terbuai akan kedahsyatan ilmu ekonomi, padahal aku seorang anak IPA di sekolah. Ya, lama-lama aku mulai terpesona dengan kemegahan gedung FEUI. Itu pulalah yang membuatku melakukan perubahan besar bagi hidupku. Ya, dengan hati mantap aku lebih memilih hijrah ke Ilmu Pengetahuan Sosial selepas aku mengentaskan Ujian Nasional Ilmu Pengetahuan Alamku. Sejak saat itu aku berikrar untuk mempelajari ilmu sosial secara bersungguh-sungguh. Sengaja aku mengikuti bimbel IPS untuk mengejar ketertinggalanku. Luar biasa, nikmat betul rasanya belajar karena dorongan diri sendiri. Ya, aku mengikuti bimbel tanpa beban. Hari demi hari kulewati dengan semangat.
Pengumuman siapa saja siswa yang berhak mengikuti snmptn jalur undangan telah keluar. Syukur alhamdulillah, aku salah satunya. Jujur, walaupun senang, aku benar-benar tidak mau berharap banyak dengan jalur undangan. Ya, nilai pelajaran eksak-ku hampir semuanya menurun dan tak ada peningkatan. Tapi, bagaimanapun aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu. Aku pun membeli formulir snmptn undangan itu. Kini, aku dihadapkan kembali dengan pilihan jurusan. Teringat olehku salah satu jurusan unik yang ada di UI, ya Geografi. Geografi di UI berbeda dengan Geografi di kampus lain, sebab ia meminta input mahasiswa yang berasal dari program IPA. Jurusan ini sudah terpikirkan sejak lama olehku, namun, entah kenapa selalu saja hanya terlintas tanpa ada keinginan untuk mencari tahu lebih banyak. Selama ini, jurusan itu pula lah yang senantiasa bisa aku dapatkan melalui try out. Sejak saat itu, aku terus mencari informasi mengenai Geografi UI. Luar biasanya, aku malah semakin tertarik dan belum bisa menemukan sisi tidak menarik dari jurusan tersebut. Aku baru tahu, bahwa ilmu geografi itu sendiri ternyata sangat luas. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, ku memilih jurusan tersebut sebagai pilihan pertama di SNMPTN jalur undangan. Sedangkan di pilihan kedua, entah angin darimana tiba-tiba aku memilih jurusan teknik lingkungan, sangat absurd memang. Sambil harap-harap cemas pengumuman undangan, aku masih rajin ikut bimbel IPS. Di bimbel IPS, aku semakin banyak mengetahui Geografi. Ya, ilmu geografi memang sangat cocok untukku.
Karena tidak percaya diri, hari pertama pendaftaran snmptn tulis aku langsung mendaftar. Dengan mengucap bismillah pula, aku memilih jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia, disusul dengan ekonomi pembangunan Universitas Brawijaya. Hari-hari ku isi dengan belajar sambil menanti pengumuman dan harap-harap cemas.
Hari itu, pagi harinya, aku mengikuti kelas Geografi di tempat bimbel. Dan pada sore harinya, aku dinyatakan  lolos seleksi masuk snmptn undangan program studi Geografi, Universitas Indonesia. Benar-benar keadaan yang luar biasa. Segala puji syukur aku dan keluarga panjatkan ke hadirat Allah SWT.

92 comments:

Hasan Nur Aminudin said...

Mantep nih
saya jug dulu ragu. tapi setelah setaun kuliah malah ketagihan.hehe
Semangat brur

Anonymous said...

susah ga mas nembus geografi ui ? soalnya saya dari luar jakarta . terus prospeknya kira kira seperti apa ? makasih .

Salmantep said...

Susah tidaknya tergantung kemampuan anda sendiri mas. Gak ngaruh, temen saya banyak kok yang dari luar jakarta. Anda kuliah tujuannya cari kerja atau cari ilmu? hehe, yang jelas negara kita masih kekurangan ahli geografi.

Unknown said...

kakak ngambil peminatan di prodi geografi apa kak?

Salmantep said...

Waduh belum ngambil tuh peminatannya hehe. Tapi berhubung dari dulu pengen masuk FEUI tapi gajadi mungkin mau ambil Pembangunan Wilayah. Tapi kalo di geografi UI peminatannya tidak terlalu terlihat kok, soalnya harus bisa tiga-tiganya (SIG-PJ, Geografi Fisik, Pembangunan Wilayah)

Anonymous said...

Hebatt...Terus bisa masuk undangan nya gimana tuhh?? nilai Eksak nya bukan nya menurun??

Salmantep said...

Sepertinya UI punya penilaian tersendiri. Berkat doa guru, orangtua, dan teman-teman juga hehe. Nilai UN sy juga jelek, tapi jujur insya Allah.

Garntyas said...

kak, mau tanya, emang bener ya kuliah di geografi ui nantinya bakal sering naik gunung?? makasih kaa

Salmantep said...

Laboratorium Geografi adalah Alam. Tapi gak naek gunung yang tinggi gitu juga kok. Emang ada club pecinta gunung di geo tapi kan ga wajib. Seru lo kita kalo ke lapangan kan sama dosen-dosen juga, dosennya baik-baik.

Anonymous said...

Kalo di dari program IPS, gk bisa masuk ya Kak?
Ada Univ negri lain yg fakultas Geografiny boleh dari IPS kak? Tlong jwb ya Ka, soalnya aku pngen masuk Geografi, tp trlnjur msuk IPS :(

Salmantep said...

banyak kok. tapi sebagian besar itu "Pendidikan" Geografi. Kalo yg geografi murni di UNNES ada yg IPS kayanya, di UPI jg, kalo di sumatera mungkin UNP.

Unknown said...

Kalo dr jurusan ips gk bisa kak ? Kalo di ui harus dr jurusan ipa ? Yahhhh

Salmantep said...

Gak bisa kalo undangan. Kalo tulis sih bisa asal ikutnya tes yang IPA

Wilda Annisa said...

Assalamu'alaykum kak..boleh nanya gak..biasanya yg lulusan geografi UI itu nantinya bisa kerja dimana aja kak? terus kak di geografi UI belajarnya suka pergi keluar kota gitu gak kak sampe2 harus ngeluarin biaya yg gak sedikit?

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Kerja dimana aja? bisa dimana-mana sih dek. Banyak bgt, mulai dari yang pemerintahan, bumn, swasta. Suka banget... kita jalan-jalan mulu hehe. Tenang aja, kalo pergi-pergi gitu kita dapet subsidi departemen kok sebagiannya, sisanya emang pakai duit sendiri. Tapi namanya mahasiswa, pasti maunya yang irit dong, jadi ga mungkin banget kita jalan-jalan dengan biaya mahal. Bukan jalan-jalan deng, maksudnya kuliah lapang hehe

Wilda Annisa said...

berarti selain pekerjaannya yg sejurus dgn geografi,Kita juga bisa kerja diluar bagian dari jurusan geografi kak? Biasanya kalau kuliah lapangan itu pas semester akhir bukan kak?

Salmantep said...

Bisa. Kuliah Kerja Lapang (mata kuliah wajib) semester 4,5,6. Kuliah Kerja Nyata/ K2N UI (mata kuliah pilihan/ gak wajib).

Wilda Annisa said...

ohh gitu..makasih banyak ya kak atas informasinya :)

Unknown said...

Assalamualaikum kak. Permisi. Gini kak saya pengen tau info lebihnya tentang prodinya kak kayak ada pelajaran dasarnya nggak, lulusan jurusan ini bisa kerja di pertambangan nggak, sama biaya wajib tiap bulannya kak brapa ya? Mohon bantuannya ya kak. Salam kediri

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Coba kamu buka http://dialog.ui.ac.id/id/browse/detil/01.06.03.01 disitu lengkap termasuk daftar mata kuliahnya. Bisa kok. Biaya wajib apa? Kalau kamu masuk kelas reguler bebas uang pangkal. Cuma bayar biaya semester. Range-nya dari mulai 100.000-7,5 juta persemester sesuai kemampuan kamu. Kalo di UI bayar kuliahnya beda-beda tiap orang sesuai kemampuan. Nanti ketika lolos di kelas reguler kamu ajukan BOP-Berkeadilan makannya. Sedangkan kalo kamu masuk paralel setau saya uang pangkal 15 juta + uang semster 8 juta. Di UI tidak ada uang-uang lain. Cuma bayar uang semster aja udah mencakup semuanya.

Unknown said...

Kak, mau nanya, kalo jurusan geografi di UI, dapet berapa sks bebasnya ?

Salmantep said...

Total mata kuliah wajib UI + wajib Fakultas + Wajib Departemen (termasuk skripsi & seminar) = 108 sks.
Untuk jadi sarjana 144 sks.
Jadi 144-108 = 36 sks.
Kamu bisa ambil mata kuliah pilihan di geografi sebanyak 36 sks, atau bisa juga ambil mata kuliah lintas fakultas dari fakultas lain.

Anonymous said...

Hay kak doakan saya ya tahun ini saya memilih snmpt jurusan geografi dan ppkb geografi juga

Salmantep said...

Amiin. Saya doakan agar kamu dapat yang terbaik. Semangat!

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Kak, mau tanya.
Menurut kakak tanda-tanda kalo kita cocok masuk Geografi UI tuh apa aja?

Salmantep said...

Hmm apa ya. Mungkin saya cerita berdasarkan diri saya kali ya. Geografi itu cocok buat orang yang suka berfikir luas (bukan mendalam seperti ilmu fisika, kedokteran, dll) soalnya dalam menganalisis sebuah fenomena kita harus mempertimbangkan banyak hal kaya kondisi fisik wilayah, sosial, ekonomi, bahkan sampai budaya. Istilah kerennya itu berpikir holistik. Saya pribadi kebetulan gampang bosan orangnya, jadi cocok banget masuk geografi soalnya materi yang dipelajari luas banget. Tapi kalo kamu orang yang suka berpikir mendalam, serius dalam satu bidang, kayanya ga begitu cocok di geografi. Soalnya perkuliahan kita dinamis banget. Contoh lain, biasanya suka jalan-jalan. dan kalo naik kendaraan umum kamu biasanya pilih duduk di samping jendela supaya bisa lihat pemandangan. Trus suka menanyakan berbagai fenomena yang ada di sekitar kamu, kayak kenapa beli minyak goreng di minimarket kadang lebih murah daripada di pasar. Kenapa banyak orang padang di tanah abang. Kenapa tukang sate ayam jualan cuma pada malam hari. Kok pantai utara aja beda kondisi ekonominya sama pantai selatan, padahal sama-sama di pulau jawa. Nah, kalo kamu tipe orang kaya gitu, kamu cocok banget masuk geografi!!!

Unknown said...

Wah jadi makin greget ke Geografi UI. Terus kan saya anak IPA ("MIA" berdasarkan kur13) nih, sempat nyesel kenapa masuk IPA padahal pengen ke Geografi, kan Geografi punya anak IPS gitu deh. Eh ternyata kalo di UI geografinya buat IPA malah. Nah kira2 pelajaran IPA yang paling ngaruh nantinya di geoui tuh apa, kak? mat? fis? kim? bio? soalnya satu-satunya pelajaran IPA saya yang oke ya cuma bio.

Salmantep said...

mat, fis, kim, bio semua ada mata kuliahnya di semester 1 ama 2, tapi dasar-dasar aja kok. Faktor fakultas soalnya, itu mata kuliah wajib fakultas. Prinsip2 dan model matematika, fisika, kimia, biologi tetap berguna sampai kapanpun. Beberapa konsepnya jg diaplikasikan lagi di geografi. Tapi seru kok ga susah

Unknown said...

Oh iya ya.
Mau nanya lagi kak, Kalo kakak sendiri ngambil konsentrasi apa di Geografi? terus itu tentang apa?

Salmantep said...

Geografi Manusia (Pembangunan Wilayah). Banyak belajar ekonomi, sosiologi, kebudayaan, antropologi, politik, tata ruang, dll. Tapi semua dibahas secara spasial (perspektif keruangan).

Unknown said...

Wah, pelajaran IPS semua tuh kalo di SMA.

Terus kalo yang banyak ceweknya biasanya dimana kak? SIG-PJ? Geo fisik? atau Geo Man?

Salmantep said...

Haha iya. Dulu pengen masuk FE atau FISIP sebenernya... alhamdulillah disini bisa tersalurkan. Tapi tetep belajar yg fisik kok saya. Tetep ada hidrologi, klimatologi, geologi, dll. Sama rata aja kok semuanya. Gak ada perbedaan antara cowok sama cewek, seimbang kok disini.

Unknown said...

Berarti di UI itu termasuk Geografi murni bukan yang pendidikan gitu ya, kak?

Salmantep said...

Yoiiii. Kalo lulus dari sini kan gelarnya S.Si (Sarjana Sains) bukannya S.Pd (Sarjana Pendidikan)

Unknown said...

Oh gitu.
Makasih ya, kak, udah jawabin pertanyaan2 saya. Bermanfaat banget, jadi makin tau tentang Geo di UI. Doain saya diterima ya, kak :)

Salmantep said...

Ya, sama-sama. Amiin, semoga dapat yang terbaik.

Unknown said...

Assalamualaikum.. Kak boleh tau nilai rata" kka smt 1-5 Wktu sma itu berapa.. Saya dari luar jakarta. Pngin kuliah di geografi UI

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Waktu jaman saya jalur undangan cuma pake nilai semester 3-5 dan cuma mata pelajaran yang ada di UN. Kalau tidak salah rata-ratanya 83; 82,5; 83.

Unknown said...

Mkasih ka. Kka mnempatin prodi geografi dipilihan berapa ka?
Kan 2 PTn.. Kaka ngambil jurusan apa aja di UI..

PTN 1 : -
PTN 2 : -

Prodinya apa aja??

Salmantep said...

PTN 1: UI
1: Geografi
2: Teknik Lingkungan

PTN 2: Unbraw
1: Sistem Informasi

Faktanya di UI yang keterima undangan semuanya pilihan pertama.

Unknown said...

maaf kak, saya ingin bertanya.
geografi ui kan masuk mipa nih, sedang di sma untuk kurikulum 2006 kan ga ada geografinya, jika snmptnnya mabil geografi di ui apa ada kemungkinan bisa dan diterima?
terimakasih. :)

Salmantep said...

maksudnya? jelas-jelas kan geografi ui dari jalur undangan nerimanya anak IPA dek. Masalah nilai-nilai apa yg diperhatiin itu rahasia kampus dan program studi.

Unknown said...

pergi-perginya itu seberapa sering kak dan menurut pengalaman kakak ini yg paling jauh itu pergi kemana?. dan perginya itu biasanya pada saat hari kuliah atau akhir pekan?

Salmantep said...

pergi-perginya tergantung ambil mata kuliah apa. yg jelas semester 4,5,6 ada matkul wajib kuliah lapang. Paling jauh itu saya ke Lombok seangkatan :'D hari kuliah, nanti dibikinin surat izin kuliah

Unknown said...

boleh minta cp kak salman gak, mau tanya" lebih nih

Aldonna Wibisono said...

kak izin add linenya untuk tanya tanya tentang geografi.. boleh ga?

Salmantep said...

boleh

Unknown said...

Kak, lulusan geografi bisa lanjut ke pertanian ngga? Soalnya masih tertarik dgn dunia pertanian dan alhamdulillah saya maba geo ui 2015

Salmantep said...

Insya Allah bisa, Salam kenal ya

Unknown said...

Assalamualaikum.. saya jg dari prodi geografi, almater sih sama2 kuning gan, cuma beda kampus situ UI sini UNP, mau nanya ni gan .. Mahasiswa UI biasanya make arcGis yg brapa gan? Salam kenal ja ya gan.. kapan2 pergi lah ke pdg gan.. dh pernah manjat atap sumatera gan ??

Unknown said...

Kalau belum , belum sah jd mahasiswa geografi tu gan

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Salam kenal. Wah macem-macem tergantung kebutuhan. Biasanya banyak yang update pake edisi terbaru. Kalo ane sih 10.1 gan. Kebetulan kampung ane di Pariaman haha. Alhamdulillah, coba ubek-ubek blog ane gan ada cerita jalan-jalan ke sumatera utara, sumatera barat, sama bengkulu.

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb
kak boleh minta id line nya?buat tanya-tanya soal jurusan geografi^^

Salmantep said...

waalaikumsalam. Kurang leluasa kalau lewat linw, kirim email saja ke salmanalfarisi@outlook.com ya

Unknown said...

hai kak, saya kan tertarik buat masuk geografi UI tuh. tapi saya masih bingung buat prospek kerja geografi murni itu gimana? kira-kira nanti kerjanya jadi apa ya kak?

Unknown said...

Kak kalo jurusan geo untuk kerja nya susah ga yaa , saya juga minat nih sama ni jurusan, terus saya mau nanya kalo jurusan geografi entar dapet kerja apa ?

Salmantep said...

Hmm kerja apa yaaa. Saya belum lulus sih jadi belum tau saya bakal kerja dimana. Eh tapi sekarang saya lagi ada proyek di BPN sih :)

Unknown said...

Kak doain aku ya, aku mau milih geografi UI nih.
Semoga aku masuk ya kaak, aamiin 😇

Fikhriyah Khairunnisa said...

assalamualaikum kakkk. saya fikria maba geografi ui 2015. kalo ada waktu boleh nih kak ramein acara silakbar tgl 17 okt 2015 hari sabtu besok jam 9 di halaman geo. makasih. wassalam

GO CHECK UP OUR TEASER AT https://youtu.be/2QfzgZ5Bj5c

info lanjut : naura (085771532122/ id line : naurakamilahlisa)

#maaf spam

Unknown said...

Kak doain yaa buat lulus di Geografi UI,,, Dari SD sampai skrng saya sangat suka geo kak, mudah2an bisa kayak kakak

Unknown said...

Kak doain yaa buat lulus di Geografi UI,,, Dari SD sampai skrng saya sangat suka geo kak, mudah2an bisa kayak kakak

Anonymous said...

Kak saya anak ips niih tapi kepengen banget masuk geografi, dilema siih soalnya pasti saya harus tes ipc juga. Masih bingung juga sama prospek kerjanya sampe sekarang masih belom ada pencerahan, oh iya kalo di di geo belajar apa aja niih kak hihi makasih

Unknown said...

Kak saya mau nanya saya masuk jurusan ips bisa masuk jurusan Geo gk ya? saya tidak bisa mat ama fisika tpi biologi saya tinggi

Unknown said...

Bang, mau tanya. Ibu saya khawatir kalo saya masuk geografi. Katanya ditakutkan terlalu sering ke alam. Nah, kalo ke lapangan itu sesering apa?

? said...
This comment has been removed by the author.
Salmantep said...

@Unknown Hi unknown gimana nih kamu keterima di Geografi UI gak?

@Luasiana Lukasia halo Lusi, saat ini Geografi UI menerima mahasiswa baru dari jalur IPA saja. Silakan ikut ujian IPA si sbmptn ataupun simak ya

@Zul Dhimy Ya kalo kuliah Geografi memang sering ke alam, tenang saja semua dilakukan bersama-sama dan mengutamakan keamanan dan keselamatan tentunya

@Mazwin Febiani Waalaikumsalam, gak susah kok semua sama saja tergantung kualitas sekolah biasanya. Biaya masuk di UI kelas reguler sesuai dengan kemampuan orang tua, tidak perlu khawatir ya. Biaya hidup relatif sih, tidak jauh beda sama Jakarta. Cara pembelajarannya seru kok banyak diskusi di kelas.

Triyan Wahyudi said...

Assalamualaikum kak. mau nanya kalau masuk Geografi UI itu. Kalau punya piagam pemenang atau lainya itu menjadi salah satu prospek penilaian gak kak?
Salam kenal kak ya.

Salmantep said...

Waalaikumsalam Triyan,

Kalau menurut saya pribadi piagam dapat membantu penilaian jalur undangan, namun bukan hal yang utama. Intinya, peringkat di sekolah jauh lebih berpengaruh dibanding koleksi piagam yang kamu miliki.

IDE SEGAR HIDROGEOGRAFI A said...

Assalamu'alaikum.. kak ingin bertanya, kalau lulusan geografi murni nantinya bisa jadi guru atau tidak? Dan kak salman sendiri bercita-cita kerja dimana hehe

Salam kenal kak

IDE SEGAR HIDROGEOGRAFI A said...

Assalamu'alaikum.. kak ingin bertanya, kalau lulusan geografi murni nantinya bisa jadi guru atau tidak? Dan kak salman sendiri bercita-cita kerja dimana hehe

Salam kenal kak

Salmantep said...

Waalaikumsalam,

Bisa-bisa saja, tapi saya kurang paham jika guru pegawai negeri sipil, karena mungkin butuh sertifikasi khusus. Cita-citanya kemana ya, saya juga bingung haha. yang jelas saat ini saya kerja di perbankan :'D

Unknown said...

assalamualaikum ka, salam kenal.. wahhh cerita kaka bener2 persis banget ama cerita ane�� tadinya pengen ngambil tekhnik lingkungan di UI pulla dan sekarangnya malah ngambilnya geo di UI jugaa �� semoga nantinya bisa kaya kaka juga yaaa, selain itu pemikiran kita sama ka, kita berpikirnya luas bukan mendalam :v ane juga sangat suka yang namanya alam semesta, plus ane juga greget banget ama misteri2 bumi dan semesta ini

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Salam kenal juga. Wah seriusan? angkatan berapa emangnya?

Unknown said...

assalamualaikum kak, mau nanya dong, di geografi itu dapet pelajaran apa aja sih? soalnya nilaiku agak kurang di biologi sama kimia.. terus kalo snmptn biasanya yang diliat nilai apa ya kak? makasihh kak..

Unknown said...

inshaallah ka doain aja biar masuk nantinya :) oiyaa ka, kalo misalkan kita nanti ngikutnya sbmptn nanti kita ngerjain soal2nya masing2 prody apa gimana ka? kalo misalkan kita ngambilnya geografi nanti kita ngerjain soal sbmnya gimana ka? sedangkan kan untuk ipa sendiri yang ada cuma fisika, kimia, biologi, ama mtk? mohon pencerahannya yaa ka..

Unknown said...

inshaallah ka doain aja biar masuk nantinya :) oiyaa ka, kalo misalkan kita nanti ngikutnya sbmptn nanti kita ngerjain soal2nya masing2 prody apa gimana ka? kalo misalkan kita ngambilnya geografi nanti kita ngerjain soal sbmnya gimana ka? sedangkan kan untuk ipa sendiri yang ada cuma fisika, kimia, biologi, ama mtk? mohon pencerahannya yaa ka..

Unknown said...

Ka kalo dari jurusan ips, bisa ngga daftar ke geografi UI,UGM?

Unknown said...

Ka kalo dari jurusan ips, bisa ngga daftar ke geografi UI,UGM?

Unknown said...

geografi ui passing grade nya berapa kak? buat sbmptn

Salmantep said...

@Alifia fatima pas kuliah di Geonya? belajarnya dapet kimia, fisika, biologi, mtk soalnya Geografi UI ada di Fakultas MIPA. Tapi dasar kok, mirip2 pas jaman SMA.

@Alya Saeni: Ya, karena Geografi UI masuk rumpun Saintek, nanti pas ujian kamu ngerjain soal fisika, kimia, biologi, ama mtk.

@tiara putri: Untuk jalur undangan gak bias dek kalo geografi UI, soalnya nerimanya anak IPA. Bisa aja kamu masuk Geografi UI, tapi ikut ujian SBMPTN jalur Saintek/IPA.

@ridwansatya prabowo: UI tidak mengenal passing grade, intinya peserta dgn nilai tertinggi sesuai kuota yg akan diterima.

Unknown said...

iya kakk di kuliahnya dapet apa aja? soalnya aku di SMA jurusan Ipa sama sekali gak dapet pelajaran geografi dan terakhir kali belajar geografi palingan pas smp, jadi takutnya shock gitu hehe

Salmantep said...

https://www.blogger.com/profile/11856639479168350297 kuliahnya mah dapet banyakkkk, tenang. Semuanya juga gitu kok. Kan emang geografi UI nerimanya dari IPA.

TOBI ANGGESTA said...

Asalamu'alaikum, kak... kalo mau masuk Jurusan Geografi itu nilai UTBK nya harus unggul dimapel apa ya kak?

Salmantep said...

Waalaikumsalam. Hi adik, sepengetahuan saya UI tidak membeda-bedakan matpel saat UTBK. Intinya berjuang sekeras mungkin agar memiliki skor yang tinggi.

Kiral said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Kak apakah buat lulusan 2020 jalur snmptn dari IPS bisa masuk jurusan geografi ui?
karena yg saya tahu jurusan geogafi ui cuma bisa buat anak ipa

Unknown said...

kak klo jurusan kuliah pend. geografi gelar sarjana nya kan S.Pd
apakah klo kerja nanti harus jadi guru saja kak?

Salmantep said...

HI @Unknown
Untuk jalur SNMPTN (Undangan) Geografi UI hanya terima IPA ya. Ujian pun harus ikut yang IPA

Kalo Pendidikan Geografi gelarnya memang S.Pd biasanya dipersiapkan menjadi guru. Tapi kalo Geografi UI gelarnya S.Si (Sarjana Sains) jadi bisa di berbagai bidang

Haiqal said...

menarik kak. makasih sudah berbagi

calonmabaui2020 said...

ka ingin bertanya apakah nanti lulusan geografi ui bisa bekerja di pertambangan/ perminyakan dan apabila bisa biasanya ditempatkan dibagian apa? dan apakah kaka punya teman yang lulusan geo ui yg bekerja di bidang tersebut?

Salmantep said...

Hi, maaf ya akhir-akhir ini tidak pernah buka blog. Ada kok temen saya yang kerja di Pertambangan. Biasanya bagian mapping (pemetaan).