Sunday, November 25, 2018

Kerja + Kuliah S2 + Beli Rumah = Bisa!

Hi guys,
Kali ini gue mau cerita gimana perjuangan gue dalam mewujudkan tiga hal besar dalam hidup secara bersamaan. Ketiga hal tersebut ialah bekerja secara penuh sebagai karyawan swasta, sambil kuliah S2 malam hari di UI Salemba, ditambah sambil nyicil rumah.
Oke, ketiga hal ini kalo kalian lakukan secara bersamaan tentunya akan banyak menguras fisik, mental, dan finansial hehehe. So, gimana gue membagi waktu, tenaga, pikiran, dan uang supaya semuanya bisa berjalan dengan baik-baik saja?
Mengenai kerjaan gue sebagai karyawan swasta, gue harus masuk pagi jam 8 sampai jam 5 sore. Fakta di lapangan ialah pulang on time bagi seorang 'budak korporat' ialah suatu keniscayaan hahaha. So, biasanya kalo lagi cepet gue balik abis magrib. Kelar solat magrib biasanya gue langsung cabut naik motor dari kantor di kawasan Gambir atau kadang Rasuna Said ke kampus di Salemba. Percayalah bawa motor sendiri adalah solusi tercepat dan termurah serta masuk akal untuk dilakukan. Jangan pernah berpikir naik transportasi umum karena gak bakal kekejar kuliah jam 7 malam. Kalau naik ojek online selain mahal dapetinnya juga butuh perjuangan dan gak gampang. Gue pulang kuliah sekitar jam 10 malam (biasanya kurang dari itu, tapi kadang juga lebih lama). Langsung balik ke rumah dengan kondisi ngantuk. Nyampe rumah boro-boro belajar lagi, langsung tepar. Gue lakuin itu setiap hari Senin-Jumat. Oleh karena itu, gue biasanya manfaatin waktu buat ngerjain tugas di hari Sabtu/Minggu. Biasanya sih sabtu bakal setengah hari nongkrong di perpustakaan. Kalau minggu paling di rumah aja ngerjainnya soalnya pagi CFD-an dulu. Pertanyaannya, apakah tugas yang seabrek-abrek bisa diselesaikan hanya dalam waktu 2 hari itu? tentu tidak. Oleh sebab itu, untuk finishing tugas biasanya kalo udah deadline terpaksa pulang kuliah kerjain sebentar dilanjut lagi pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Kalau di kantor jangan pernah berharap bisa nyentuh tugas kuliah, wong kerjaan kantor aja numpuk hehe.
Pasti timbul pertanyaan, kalo di kantor kerjaan numpuk dan terpaksa pulang malem gimana? kalo ada kerjaan di luar kota gimana? itu hal yang sangat wajar saudara-saudara. Tidak bisa dipungkiri kadang ada saat-saat dimana lo harus bolos kuliah karena kerjaan. Intinya, lo komunikasi dulu sama atasan dan teman kantor mengenai kuliah lo. Mereka pasti paham dan bisa jadi ngingetin lu buat berangkat kuliah. Namun, memang ada saatnya lo memilih untuk gak masuk ketika pekerjaan lo jauh lebih prioritas dan kebetulan hari itu cuma kelas biasa yang ga ada ambil nilai presentasi atau diskusi. Kebalikannya, kalau lo kebagian maju untuk presentasi dan mungkin butuh waktu buat baca-baca materi, boleh juga sekali-sekali pulang tenggo dari kantor buat persiapan di kampus.
Beruntungnya gue itu ialah punya temen-temen kuliah S2 yang supportif banget. Meskipun semua sibuk sama kerjaan dan kehidupannya masing-masing, tapi kita kadang masih sempet ngerjain tugas bareng atau belajar bareng pas hari libur. Atau minimal temen lo yang pinter bisa ditanyain macem-macem via WA. Dari sisi kampus juga koordinator kelas/bagian administrasi bisa diajak komunikasi dan memberi solusi atas setiap kendala di kuliah. Mulai dari nyari buku sampai ngatur jadwal kuliah supaya ga bentrok sana-sini.
Nah, terakhir ialah masalah biaya. Berhubung gaji gue pun ga gede-gede amat maka gue harus menerapkan sistem keuangan yang ketat selama gue kerja sambil kuliah dan nyicil rumah ini. Saat gajian uang langsung gue amankan buat bayar cicilan rumah sama tabungan bayar semesteran kuliah. Sisanya yang tinggal seiprit itu harus gue hemat-hemat supaya gue tetep bisa beli bensin sama bayar parkir + jajan. Supaya lebih hemat, gue bawa bekal setiap hari ke kantor. Jadi tiap istirahat gak usah ribet mikir mau makan apa deh. Konsekuensi lain yang harus gue hadapi adalah gak bisa beli gadget baru ataupun jajan lucu sering-sering di mall. Buat jalan-jalan atau jajan biasanya ya mau gak mau pakai uang THR atau bonus aja. Intinya ya konsisten!
Sekian cerita gue, semoga temen-temen yang mau lakuin hal yang sama kaya gue jadi makin optimis dan yakin ya, karena gue udah buktiin kalo gue bisa :) Semangat!

No comments: