Sunday, June 30, 2019

Welcome Back (Again?)

Semakin dewasa ternyata justru semakin sulit rasanya untuk konsisten menulis dalam blog ini. Kali ini setelah sekian lama absen, saya coba kembali mengisi blog ini. Alasannya sederhana, sepertinya kemampuan menulis saya makin hari kenapa makin memburuk begini. Padahal sekarang saya sedang menulis tesis untuk kelulusan program magister saya. Sebenarnya ingin sekalian curhat colongan di blog ini. Entah kenapa untuk lulus kuliah S2 ini saya benar-benar kurang motivasi. Saya tinggal menyelesaikan tesis dan submit hasil penelitian ke jurnal sebenarnya, tapi rasanya struggling sekali. Pulang kerja rasanya badan sudah letih. Sabtu Minggu maunya hanya bermalas-malasan di rumah. Hal ini membuat tesis saya tidak ada progress yang berarti. Sampai saya jadi galau sendiri memikirkan masa depan saya. Maklum, biaya kuliah S2 itu mahal, dan saya harus membayarnya sendiri. Ditambah ada kebijakan baru jurusan saya dimana salah satu syarat lulus ialah harus bisa memperlihatkan bukti bahwa nantinya tesis saya sudah mendapat letter of acceptance dari jurnal ilmiah dan ijazah baru bisa diambil jika jurnal tersebut sudah dipublikasi. Hal ini membuat saya dan teman-teman sejurusan berencana untuk ambil cuti kuliah sejenak untuk mengejar pembuatan tesis dan submit ke jurnal. Tujuannya agar biaya kuliah hanya dibayar 25% saja. Konsekuensinya, pernyataan lulus tidak bisa didapat selama masa cuti dan baru bisa diterima pada semester depannya jika status studi sudah aktif kembali. Hati semakin sedih ketika tahu teman-teman saya di jurusan lain, baik teman kuliah maupun teman S1 dulu yang sedang ambil S2 akan diwisuda pada semester ini. Sebenarnya bisa jadi penyemangat juga sih, tapi ya gitu. Mungkin selama ini saya terbiasa menikmati zona nyaman ya sejak SD hingga kuliah kehidupan akademik saya cenderung lancar meski gak bagus-bagus amat juga. Kayanya sejak SD sampai SMA saya ga pernah masuk ranking 5 besar deh haha. Tapi ya alhamdulillahnya sering mendapat keberuntungan dan pertolongan dari Allah SWT sehingga salah satunya bisa masuk UI. Pokoknya kuliah S2 ini benar-benar nano-nano rasanya. Butuh penyemangat kayanya haha (kode keras).
Oh iya, tadi saya bilang salah satu alasan coba menulis blog ini kembali karena merasa kemampuan menulis saya yang berkurang. Ini benar sekali, padahal pekerjaan saya saat ini sebagai tim QA di kantor tugasnya mirip-mirip kayak audit yang salah satu outputnya ialah laporan hasil pemeriksaan. Cuman saya merasa laporan yang saya buat tatanan bahasa dan kontennya kenapa jelek banget ya haha. Kadang kalau buat laporan juga suka bingung mau menulis apa. Seandainya tahu mau nenulis apa malah bingung cara menyampaikannya.
Kali ini mungkin cuma itu yang bisa saya share. Semoga saya bisa kembali aktif menulis di blog ini. Karena rasanya jenuh aja kalau buka handphone dan laptop cuma buat buka media sosial, gak bermanfaat banget kayanya. Terima kasih teman-teman sudah bersedia membaca postingan saya kali ini. See ya!

No comments: