Tuesday, July 2, 2019

Benhil, Menengok Bhinneka Tunggal Ika dari Kuliner.

Bendungan Hilir atau akrab disebut Benhil merupakan salah satu destinasi paling menarik bagi anda para penggila wisata kuliner. Bagaimana tidak, lokasinya yang amat strategis terletak di tengah kota dan berbatasan langsung dengan dua jalan utama yaitu Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatot Subroto membuatnya semakin mudah dijangkau. Selain saat bulan Ramadhan, di hari-hari biasa pun terdapat ragam pilihan makanan yang bisa diicip, berikut beberapa diantaranya:

1. Tempat Berkumpulnya Para Juara Rumah Makan Padang
Pasar Benhil tidak bisa lepas dari tiga rumah makan juara khas Minangkabau, yaitu, Restoran Sederhana, RM. Bopet Mini, dan RM. Surya. Konon Restoran Sederhana Benhil merupakah salah satu cabang pertama jaringan restoran tersebut di Jakarta. Eksistensi Sederhana tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Juara selanjutnya yang tidak boleh diremehkan ialah RM Bopet Mini. Beberapa pecinta kuliner menempatkan RM. Bopet Mini sebagai salah satu rumah makan Minang terbaik di Jakarta. Meski tempatnya sederhana dan tidak terlalu luas, namun pelanggannya seringkali membludak. Apalagi jika hari Minggu pagi setelah kegiatan Car Free Day berlangsung, harus bersabar menunggu antrean. Ketiga, apalagi kalau bukan RM. Surya. Salah satu spesialisasi rumah makan ini ialah ikan bakar. Meskipun demikian, menu lainnya juga tetap wajib untuk dicoba.

2. Rumah Makan Aceh Seulawah
Bagi Anda pecinta kuliner khas Aceh, rekomendasi almarhum Bondan Winarno ini tidak boleh dilewatkan. Rasa Mie Aceh maupun Nasi Goreng Acehnya dijamin maknyus. Lokasinya persis berada di seberang Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL).

3. Bakso Terasa & Rujak Ulek Muaro Padang
Salah satu tempat paling membingungkan yang pernah ada, bisa-bisanya bakso yang merupakan makanan khas Jawa ditempatkan satu atap dengan rujak ulek Muaro Padang. Tapi tidak perlu risau, rasa keduanya dijamin bikin ketagihan. Selain dua menu andalan tersebut, tersedia juga berbagai makanan khas Indonesia lainnya. Lokasinya persis setelah Pasar Benhil seberang Teras Benhil.

4. Sate Pariaman Takana Juo
Bagi Anda yang sudah sejak lama berlangganan jajan di sekitar Pasar Benhil, coba ingat-ingat kembali masa dimana pedagang berjejer di depan bangunan pasar yang lama saat malam hari. Pasti akan teringat dengan deretan pedagang sate padang yang asapnya wangi membuat lapar. Nah, salah satu yang terbaik ialah Sate Pariaman Takana Juo. Kini sate tersebut sudah tidak berdagang kaki lima di depan pasar, melainkan sudah menyewa tempat tidak jauh dari RM. Surya sederetan dengan beberapa tempat percetakan.

5. Batagor Depan Masjid Al-Falah
Kuliner yang cocok dijadikan pengganjal perut saat tidak terlalu lapar. Rasanya yang mudah diterima oleh sebagian besar masyarakat ditambah harga yang murah meriah semakin membuat batagor ini diminati oleh pelanggan setianya.

6. Restorang Bang Inihaw (B.I.H) Seberang Koramil
Restoran Filipina pertama yang pernah saya lihat di Jakarta. Menu andalannya ialah Ayam Bakar. Ukuran Ayamnya yang besar ditambah makan nasi dan minum teh sepuasnya membuat restoran ini jadi pilihan tepat saat sedang lapar-laparnya. Salah satu yang paling saya sukai ialah es campurnya. Hal unik lainnya ialah kaldu sayur asam-nya.

7. Pondok Sate H.Sadjim
Bagi Anda pecinta sate madura, baik daging kambing maupun ayam, ada pilihan yang cukup oke untuk dinikmati. Lokasinya berada di seberang TK Al-Abrar. Selain sate, tongseng-nya lumayan enak juga.

(bersambung...)


No comments: