Monday, March 5, 2012

KOMPeK 14th, sebuah perjuangan #2

Finally, akhirnya kelompok kita udah nemu judul dan tema yang cocok setelah berulang kali ganti strategi. Judul  karya tulis ilmiahnya itu ide dari kakak TTC. Doi ngasih penjelasan singkat tentang sebenarnya apa sih yang mau kita tulis. Untuk sekian kalinya gue manggut-manggut aja dah.
Nah ini dia masalahnya, pas briefing kita ngerti, tapi kok giliran nyampe rumah malah jadi bingung sendiri mau ngapain. Nyari data lewat internet juga gak nemu-nemu. Bingung banget deh pokoknya. Sampe akhirnya kakaknya juga bantuin nyari data, tapi tetep aja kita bingung. Nah pas udah dicontohin baru deh pada ngangguk-ngangguk sambil bilang "Ooooooh". Oh iya, nyari data yang sesuai itu ternyata gak mudah lo. Kita udah ngubek-ngubek internet masih aja ga nemu data yang sesuai. Bahkan gue sama pipit nyampe ke perpustakaan daerah segala buat nyari data, giliran udah nemu buku terbitan Badan Pusat Statistik (BPS) yang tebelnya naujubilah eh malah tuh buku gaboleh dipinjem. Sempet frustasi dan pingin mundur, tapi kalo di flashback lagi rasanya gak rela kalo harus mundur gara-gara bingung ngolah data.
Tiap hari pulang sekolah kita selalu ngumpul buat ngerjain tuh karya tulis, sering sampe sore dan maghrib juga. Bahkan nyampe layanan internet di sekolah mati dan penjaga sekolah standby di depan pintu gedung utama sambil masang muka asem. Agak gaenak juga sih sama penjaga sekolahnya, tapi gue yakin lebih gaenak lagi nungguin anak-anak yang pada ngerjain tugas ampe sore hehe. Dan yang kalah gaenak adalah kita selalu berisik di ruangan TTC, bener-bener terima kasih deh buat warga TTC yang rela ruangannya kita pake dan gratis pula hehe.
Tibalah kita pada hari terakhir pendaftaran. Dan apa yang terjadi?? Karya tulis kita masih belom jadi. Suasananya mulai panik. Dan gue ngerasain di dalam diri gue telah berlangsung pertunjukkan orkestra musik kematian, halah lebay banget tapi beneran. Semuanya bilang "aduh duh duh" sambil pasang tampang bingung. Kita bener-bener dikejar waktu. Waktu terus berjalan tanpa mengenal lampu merah. Beeeh udah jam 5 aje kan tuh. Padahal harus dikirim softcopynya jam 6 sore paling telat. Udah gak ada hahahihi, semuanya sibuk kerja termasuk si pembimbing super kami. Begonya lagi adalah internet di sekolah udah off. Biar menghindari hal-hal yang gak diinginkan gue pun inisiatif nyari warnet. Selagi yang lain kerja gue wara-wiri nyari warnet. Gue ke alva-net dan ternyata warnetnya mau tutup, mbak-mbaknya gak ngasih waktu buat gue ngasih penjelasan sebenernya apa yang terjadi, ceilah lebay dah. Hingga akhirnya gue ke warnet yang gue gatau namanya apaan, deket pistales deh pokoknya. Alhamdulillah yah dapet tempat, gue duduk dan log-in. Gue nunggu sambil dag dig dug der ngeliatin jam di handphone. "Cepatlah ke sini teman-teman", teriakan gue dalem hati. kalo gasalah udah jam 17.45 deh. Bener-bener abis-abisan banget dah.
Setelah beberapa menit nunggu angin segar itu datang, yah sang guru pembimbing beserta dua anak didiknya membuka pintu warnet secara perlahan. Tanpa basa-basi langsung gue sambit mereka, eh sambut maksudnya *peace. Dengan segenap rasa hormat gue kasih tempat duduk buat kakak master pembimbing ekonomi hehe. Dia pun nyolokin USB dan mengirim karya tulis kami. Fyyuuuuuh legaaa coy. Eiiiit, tunggu dulu kayanya ini udah jam 6 deh. Koplak banget emang, kita langsung nelponin panitia buat nanyai kejelasan karya tulis kita. Masuk nggak ya. Untunglah si kakak panitia bilang kalo karya tulis kita udah diterima.
Ini belum selesai! yaaaaa kita masih harus nyari tempat ngirim dokumen biar dapet cap pos hari itu sesuai permintaan panitia. Bayangin coy, udah gelap itu langit Jakarta. Akhirnya googling nyari lokasi Tiki sama JNE terdekat yang masih buka, tapi kayanya kita kurang beruntung. Hampir semuanya tutup jam 5 sore. Hopeless?? enggak! kita harus ngebolang malam ini juga. Biar tenang kita solat maghrib dulu di mesjid SMA 3.
Selesai solat kita rencana langsung caw, tapi si Ilham udah mau izin pulang. Dia disuruh nyokapnya pulang. Berhubung mukanya udah gaenak banget dan gue juga ga tega yaudah kita izinin dia pulang. Dari setiabudi kita naek busway via gedung menara duta haha. Busway penuh coy, kehidupan Jakarta keras dah emang. Gakuat dempet-dempetan gue minggir kebelakang. Si kakak pembimbing stak di tengah, daaaan gue heran juga sama dia, kok bisa sih tepar didalem transjakarta?? iya, tuh orang kaya tidur sambil berdiri dan senderan di tiang gitu, mantep dah kakak master saking capeknya bantuin kita. Nyampe mampang gue sama pipit pasang mata belo. Menurut informasi di sini ada tempat pengiriman barang gitu. Dan, jreng jreng dari jauh kami melihat sebuah bangunan dengan cahaya terang disekelilingnya dan memiliki fasad yang cerah berkilauan bagaikan permata disinari sinar mentari pagi yang berseri-seri, diatasnya ada neonbox bertuliskan "JNE". Horeeee, langsung deh hubungin kakaknya minta turun. Si kakak pun permisi sama penumpang laen sambil bilang "misi aer panas aer panas" eh gak deng maksudnya "misi bu mau turun nih wey, misi dulu mau turun" sambil ganyantai dan langsung dicengirin sama ibu-ibu. Gue sama Pipit juga malah ikutan nyengir, dasar dodol. Kita jalan kaki menuju arah kantor JNE. Dan tiba-tiba Ciaaaat! gue sama Pipit kaget. Ada apa deh, gue nanya sama kakaknya. Ternyata ada kantong kresek terbang tapi kakaknya kaget eh dia langsung ngeluarin jurus silat. Ngakak yuuuuk -__-. Plong banget nyampe sana, langsung nyess adem bener dah.
Itu dia perjalanan gue buat berjuang di KOMPeK 14th FEUI, tenang aja. Gue masih punya lanjutannya kok. Dan dijamin seru, so stay terus aje di blog gue ye teman-teman
-----------bersambung-------------

No comments: