Thursday, March 1, 2012

Masuk Rohis? Yuk maree

eeh baru inget dulu sempet nulis tapi belom di posting, walau telat dan agak ketinggalan jaman. Tapi insya Allah seru kok buat dibaca. Ini tulisan gue beneran loh. Cekidot masbro:

Hmm akhir-akhir ini maraknya pemberitaan mengenai terorisme dan NII membuat kita sebagai pelajar kadang menjadi agak ngeri juga ya. Kita mulai lebih selektif lagi dalam memilih berbagai kegiatan.Orang tua kita pun menjadi lebih protektif lagi dalam melindungi anak-anaknya. Namun, sangat disayangkan hal tersebut mulai disalah artikan oleh sebagian besar orang. Mereka malah berusaha menghindarkan anak-anaknya dari kegiatan keislaman, sebab mereka menganggap bahwa kegiatan dakwah merupakan jalan masuk untuk menjadi teroris dan NII. Dan yang lebih menyedihkan lagi, para orang tua tersebut malah lebih senang jika anaknya mengikuti kegiatan yang sifatnya justru kebarat-baratan dan amoral. Ditambah lagi pernyataan salah seorang yang bernama Sydney Jones yang mengatakan Rohis merupakan jalan awal untuk jadi teroris naudzubillah.
Nah, diblog ini saya hanya mau menjelaskan kepada teman-teman semua. Yang namanya doktrinisasi itu hanya akan berhasil dilakukan kepada orang-orang yang tidak memiliki prinsip hidup yang tegas. Cuma buat orang-orang yang enggak ngerti dan bodoh akan suatu hal. Bagaimana mungkin seorang anak rohis yang ilmu agamanya lebih daripada teman-temannya yang lain justru bisa dengan gampang didoktrinisasi, ckck.
Padahal sih sekarang ini faktanya anak-anak rohis itu rata-rata anak kesayangan guru. Banyak banget anak rohis yang ternyata tetep eksis disekolah tuh, sebagian bahkan punya jabatan penting kayak ketua OSIS, ketua KIR, atau bahkan ketua ekskur futsal. Bahkan saya sempet kaget juga pas tau ada kakak MPK (majelis perwakilan kelas-setingkat OSIS) di sekolah saya yang notabene sekolah gaul (ceilah) justru pake jilbab gede, saking gedenya baju seragamnya ampe ketutupan hehe. Loh tapi ini fakta yang menarik kan, tau sendiri kalo udah jadi bagian dari sebuah organisasi kita itu dituntut untuk selalu siap sedia melaksanakan tugas, mulai dari yang sepele sampe yang menye-menye gila-gilaan. Gak bisa ngebayangin gimana caranya seorang akhwat harus ikut acara yang rame-rame campur aduk gitu, tapi atau malah temen-temennya yang jadi malu juga nyuruh murid kerudung gede buat ngelakuin hal-hal aneh. Gitu juga buat ikhwan alias cowok-cowok rohis, kira-kira reaksi mereka apa ya kalo diajak nonton acara pensi yang isinya itu hip-hip hura semata. Bakal nolak undangan dengan tegas, ikut tapi tutup mata ama telinga, atau bahkan malah keasyikan ikut joget-joget??. Ya itu dia fakta yang terjadi saat ini. Hingga akhirnya para anak rohis dan anak non rohis tapi berjiwa religius pasti mengalami yang namanya Ghazwul Fikri alias perang pemikiran. Contohnya, saat ada acara disekolah yang nampilin modern dance. Pasti bingung antara mau ngeliatin atau istighfar, pasti banget tuh. Gue (gapapa ya gapake saya lagi) sendiri pun bingung ama kejadian-kejadian kayak gini. Disaat lo mau tobat, justru disaat itu juga lo dihadapkan sama hal-hal bersifat duniawi kaya gitu. Beruntunglah buat temen-temen semua yang sekolah di sekolah islam, setidaknya hal itu bisa meminimalisir gaya hidup hedon perkotaan lo. Tapi selau dulu bro buat yang sekolah di sekolah negeri atau bahkan sekolah agama lain, justru lo juga punya kelebihan. Ya, lo semua jadi bisa berdakwah. Kalo disekolah umum kan sholat gak ada yang ngingetin tuh, nah saat itulah lo bisa ngajak teman sholat. Ih mantep banget kan bisa lebih banyak beramal. Duh jadi inget, punya temen SMA yang dulu SMPnya di sekolah agama lain, eh tapi dia ikut rohis pas masuk SMA.
Yaa jadi gitu deh, semuanya punya sisi positif dan sisi negatif. Pesan dari gue selaku pelajar yang juga masih suka khilaf adalah, bulatkan tekad dan cita-cita lo semua. Jangan cuma bisa ikut-ikutan. Jadi pelajar di jakarta itu keras broh, kalo lo gampang kejebak situasi masa depan lo bisa jadi kue cucur anget-anget alias ancur banget. Lo tanya deh sama diri lo, mau foya-foya sama gaya hidup hedon perkotaan, atau justru lo mau ngehadiahin kesuksesan buat orang-orang disekitar lo. Inget, biaya sekolah lo itu mahal (gue ngerasain yang namanya bayaran setengah juta tiap bulan), makannya itu manfaatin sebaik-baiknya. Kumpulin medali ama sertifikat sebanyak mungkin, biar orang tua lo bisa senyum lebih lebar (ih mantep kan kata-kata gue). pokoknya tetap semangat wahai pemuda! merdeka! Allahu Akbar!

No comments: