Saturday, July 6, 2019

Memasuki Usia Kondangan Tiap Weekend

Bisa dibilang usia 25 tahunan atau half quarter of life adalah masa yang tepat bagi sebagian orang untuk menikah. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga keuangan, maupun siklus kehidupan jika punya anak kelak. Thats why bagi anak seumuran gue yang namanya kondangan di akhir pekan itu udah jadi semacam rutinitas. Mulai dari temen SD, SMP, SMA, Kuliah, sampe temen kerja banyak yang melangsungkan pernikahan, kalo gak sabtu ya minggu. Gue pribadi sih seneng-seneng aja dateng ke kondangan temen, bisa jadi ajang reuni dadakan bisa ketemu temen-temen lama. Gak enaknya itu ialah harus menyiapkan alokasi khusus buat amplop haha. Sebenernya sih masih lebih banyak temen yang belum nikah dibanding yang udah, jadi ya masih santai-santai aja. Gue juga gak masalah pergi kondangan sendirian, Malah si tuan rumah harusnya bersyukur soalnya porsi makan ga dobel haha, lebih untung ngundang jomblo sebenernya gak banyak porsi makan yang diambil, ya kan.
Ngomong-ngomong dateng kondangan nih ya, kalo sekarang gue lebih banyak yang diperhatiin ahaha. Maksud gue adalah gue suka perhatiin lokasinya, gedungnya, interiornya, sampe catering-nya wkwk. Sekalian ngumpulin referensi gitu (padahal mah gatau ama siapa). Tapi sebenernya gue pribadi sih ga pusing-pusingin amat acara seremonial kaya gitu. Malah gue mau acaranya sederhana aja dengan tamu terbatas. Soalnya gue pribadi suka pusing pergi ke kondangan yang tamunya seabrek-abrek. Suka heran juga liat kelakuan tamunya gaya pada keren-keren tapi kalap antre makanan sampe nyelak haha. Malah kayanya bagus kalo cuma undang orang-orang terdekat aja terus semua tamu kebagian duduk gitu, bisa makan dengan tenang dan dilayani. Ini sih pendapat pribadi gue loh ya, keputusan akhir bisa tetap didiskusikan dengan si nyonya besar kelak haha.
Buat temen-temen yang sedang mengalami apa yang gue rasakan, yaitu kondangan tiap weekend, ada beberapa pesan yang mau gue sampaikan:
1. Gak usah baper. Nikmati aja suasana yang ada. Gak usah jadi baper mikirin "gue kapan". Semua akan ada masanya. Bersyukur aja malam ini masih bisa menguasai kasur dan kamar sendiri tanpa harus berbagi ke orang lain yang mungkin suka ngorok atau ngiler hehe.
2. Jangan pusingin duit buat amplop. Berikan hadiah terbaik kalian buat teman dan sahabat. Tapi kalau duitnya terbatas ya kasih aja semampu kalian. Toh si penganten udah tulus mengundang buat menjamu, gimana juga penganten hanya berharap doa yang ikhlas dari kalian.
3. Gak usah julid. Kalau ada suatu kekurangan dalam acara majelis pernikahan, ya wajar aja namanya juga rencana manusia. Gak usah dighibahin ke orang lain. Simpan dan jadikan pelajaran. Si penganten dan keluarganya udah nabung dan habisin uang tabungan itu buat berbagai kebutuhan pernikahan, jangan ditambah beban lagi dengan omongan pedas kalian wahai netijen.
4. Makan sebelum kenyang dan jangan mubazir. Kadang orang suka laper mata ngambil makanan udah kaya ga makan setahun. Ujung-ujungnya si makanan cuma dicolek sedikit dan dibuang. Big no ya guys buat ngelakuin hal kaya gitu. Kalau bisa juga makannya tetep sambil duduk (meski agak susah kalo kondangan di gedung), dan jangan lupa banyakin minum air putih.
5. Manfaatin buat silaturahmi sama teman lama. Selalu ada informasi baru dari sebuah percakapan dengan teman lama. Pasti banyak kisah-kisah inspiratif dari teman kalian yang bisa dipetik manfaatnya. Syukur-syukur bisa dapet kerjaan, peluang bisnis, atau hmmm ketemu jodoh.
6. Terakhir, buat kalian yang juga bakal menikah dalam waktu dekat. Seperti gue bilang, bisa jadi ajang "tester" dan mencari referensi dream wedding kalian masing-masing. Malah kalo udah dikit lagi acara nikahannya, kalian bisa curi-curi kesempatan buat nyebar undangan ke beberapa teman dan keluarga hehe. Jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui gitu.
Oke guys segitu aja sharing gue kali ini, semoga ada manfaatnya, aaaaand happy kondangan!

No comments: