Thursday, December 25, 2014

Remaja Islam di Jakarta Menurut Gue

Kali ini gue mau cerita tentang bagaimana nasib umat islam, khususnya kita para remaja, di Indonesia. Tulisan ini semacam refleksi yang gue rasain aja sih. Terserah kalo ada yang mau menafsirkan dengan sudut pandang yang berbeda. So, gimana rasanya jadi remaja muslim di Jakarta? Rasanya tuh menurut gue susah-susah gampang sih ya. Mau dibilang gampang juga sebenernya agak susah. Dibilang susah ntar dikira gak bersyukur. Cerita ini gue awali dengan kisah masa-masa SMA gue. Jujur aja, waktu baru masuk SMA gue merasa insecure dengan diri gue sendiri. Bukannya gimana-gimana, ya masa-masa SMA itu emang identik banget sama masa bersenang-senang dan segala macam kenakalan yang ada di dalamnya. Apalagi saat itu gue masuk ke salah satu SMA tergaul se-Jakarta (atau mungkin Indonesia?) haha. Gue tau lah pait-paitnya kelakuan anak SMA jaman sekarang. Gak tau kenapa pas SMA itu tiba-tiba ngerasa kalo gue wajib banget ikut Rohis. Ortu gue pun sangat mendukung hal itu. Di Rohis gue belajar banyak banget, terutama tentang agama. Utamanya lagi belajar tentang fiqih atau semacam belajar bagaimana seharusnya seorang muslim hidup. Standar sih kegiatannya, ngaji-ngaji bareng gitu sama kultum, ditambah curhat-curhatan hahahah. Enaknya jadi anak rohis ya gitu, kita bisa curhat apapun tentang kehidupan kita sama temen-temen, senior, dan mentor, dan insyaAllah jawaban yang diberikan sesuai syariat Islam. Jadi anak Rohis di SMA gue juga ga gampang loh, gue inget banget saat itu dari 360-an anak di angkatan gue, anak cewek yang pake kerudung gak lebih dari 10 orang. Bayangin aja. Makannya itu, Rohis SMA gue sangat mengedepankan keterbukaan bagi siapa aja yang mau belajar agama Islam. Jadi, walaupun bukan anak Rohis, temen-temen tetep bebas kalo mau ngaji dan mentoring bareng, tanpa ada paksaan. Begitu pula sama tim akhwat, temen-temen akhwat sangat welcome dengan semua anak cewek di sekolah. Mereka tetep akrab sama anak-anak cheers, modern dance, salsa dll. Alhamdulillah ada hasilnya, satu persatu mulai nambah anak perempuan yang pake jilbab di sekolah gue. Semuanya dilakukan tanpa paksaan, awalnya emang berat. Waktu itu sebagian anggota rohis akhwat gak pake jilbab malah. Buat yang ikhwan juga, gak mungkin banget rohis bisa rame kalo kita cuma ngadain acara ngaji-ngaji melulu. Jadinya anak rohis sering juga deh ngadain futsal bareng anak-anak lain. Sering banget malah. Proker-proker juga dibikin biar gak terlalu kaku dan "menyeramkan" buat temen-temen. Contohnya aja ada DUGEM hahaha, eits tenang dulu. DUGEM itu ada kepanjangannya, yaitu DHUHA GEMBIRA hahah. Seru deh pokoknya. Sama halnya dengan remaja-remaja lain, tim Rohis pun gak terlepas dari yang namanya VMJ a.k.a Virus Merah Jambu. Tapi, kita selalu dapet bimbingan dari kakak-kakak mentor buat meminimalisir hal-hal kaya gitu. Sering ada kajian gitu deh. Seru sih.
Tapi tetep ya, mau sebaik apapun niat kita. Ada aja pihak-pihak yang gak suka. Masih inget kan dulu heboh kasus Rohis dituding sebagai langkah awal gerakan terorisme? gila aja sih menurut gue. Udah rela-rela berkorban di jalan dakwah masih aja ada yang nyinyir. Untungnya hal itu gak berpengaruh apa-apa sama Rohis sekolah gue, soalnya temen-temen dan guru-guru tau gimana sih kelakuan anak Rohis. Emang agak serem juga sih, pernah kita ngundang ustad gitu kan buat ceramah. Nah ceramahnya pake Toa mesjid, hari sabtu kalo ga salah. Kita salah ngundang ustad kayanya, si pak ustad lumayan keras dan tegas gitu dan agak sara sih ceramahnya. Kita udah pada pucet aja takut dimarahin orang-orang, untungnya gak berapa lama ceramahnya selesai. Pernah juga kita ngundang tim nasyid Izzatul Islam yang nasyidnya banyak berisi tentang perjuangan dan Palestina. Kalo ini guru pembina kita yang pucet, dia takut hal-hal kaya gini gak disukain sama beberapa pihak. Alhamdulillah acara tetap lancar loh tapi dan Izis bebas nasyid sepuasnya.
Akhir-akhir ini, banyak dari kita umat islam yang justru takut menunjukkan keislamannya itu sendiri. Gak usah jauh-jauh deh, berapa banyak sih anak cowok yang berani ke mall pake baju koko ama peci? gak usah ke mall deh, pake baju koko di hari senen aja pas kuliah. Pasti pada galau kan haha. Gue ada temen kuliah, waktu itu kita seangkatan pake dresscode baju koko. Termasuk temen gue ini. Karena satu dan lain hal dia harus ke Fakultas Ekonomi (FE). Dan dia tiba-tiba galau gitu terus nanya gue, "Eh man, gak papa kan ya gue pake baju koko ke FE? kayanya anak FE jarang yang pake baju koko deh". Nah loh, aneh kan. Kita bahkan gak pede buat pake baju koko. Pernah juga gue mau jalan sama temen-temen kuliah pas hari jumat abis solat jumat. Gue sih pake poloshirt biasa sama celana jeans. Nah salah satu temen gue pake baju koko, celana bahan ngatung, dan peci. Gue sih ga masalah. Tapi salah satu temen gue yang lain tiba-tiba protes. "Eh boleh gak pecinya dilepas aja? hehe *nyengir kuda*". Temen gue yang lumayan batu itu gak mau pecinya dilepas. Temen gue yang satunya gemes dan narik peci temen gue terus diumpetin. Terus mereka kejar-kejaran haha. Pas kita udah ngumpul lagi bertiga trus gue ngomong deh "Gila ya kasian juga jadi umat muslim disini, buat pake baju muslim lengkap + peci aja kita takut dan risih gini". Terus temen-temen gue pada ngangguk,"Iya ya, parah banget". Belom lagi yang namanya masalah makanan, halal haram. Tau banget kan yang namanya anak muda suka jajan-jajan lucu di cafe, restoran, warteg, ato foodcourt mall. Nah, gue punya temen yang strik banget sama masalah halal. Tiap kita mau makan, mulai dari kaki lima sampe restoran dia selalu nanya dulu,"Ini halal kan ya mas?".Tau gak, pas temen gue nanya kaya gitu suasananya tuh awkward banget. Disatu sisi gue agak gak enak juga sama penjualnya, kesannya gimana gitu. Disatu sisi gue bangga banget sama temen gue itu bisa pasang muka buat nanyain hal kaya gitu. Bukan rahasia lagi kan kalo yang namanya halal-haram di Jakarta ini udah kaya gak ada bedanya. Lo liat aja toko-toko kue sama restoran yang ada di mall. Berapa biji sih yang nyantumin logo halal di toko sama restorannya? Padahal ini bukan masalah sepele loh. Apalagi ini makanan, masuk perut kita. Herannya, mana ada yang peduli. Umat muslim tetep aja doyan ama makanan-makanan itu, "Bodoamat, yang penting enak" hahah. Ya kan? gue dulu suka banget jajan yg namanya rotiboy, roti o, breadtalk dll. Tapi sumpah sekarang gue udah jarang banget bahkan hampir ga pernah beli itu lagi, gara-gara udah ga ada logo halalnya. Ayo dong pengusaha, gak kasian apa kalian sama kita-kita ini umat muslim tiap hari dikasih makanan yang ga jelas halal haramnya? kalo emang haram kasih tau dong, tulis kek mengandung minyak babi gitu. Masih mending penjual BPK di tanah karo deh. Jelas-jelas ditulisin BABI PANGGANG KARO biar orang Islam gak salah makan disana. Next issue, gue tau kita anak muda lagi seneng-senengnya mempelajari hal-hal baru. Berbagai teori kita pelajarin, terutama teori-teori barat. Mulai dari Marxisme, Liberalisme, Feminisme, Positivisme, dll. Gue sangat senang banyak umat islam yang mulai melek mempelajari itu semua. Tapi coba deh, kalian semangat banget belajar itu semua tapi agama kalian sendiri gak dipelajarin? aneh sih menurut gue. Gue gak bilang teori itu salah. Misal, yang namanya feminisme itu kan sebenernya ingin menjadikan kaum perempuan sebagai makhluk yang lebih dihormati dan dihargai, dan itu semua ada kok di alquran. Tapi terkadang kita getol banget belajar itu sama orang-orang non muslim tanpa melakukan konfirmasi ke ulama ataupun orang yang paham agama. Ujung-ujungnya jadi jauh melebar kemana-mana. Padahal gak usah jauh-jauh, dalam Islam itu semua udah dijelasin.
Jadi... gitu deh pandangan gue mengenai remaja muslim di Jakarta masa kini. Antara kesian ama gimana gitu. Makannya, tolong banget temen-temen para aktivis dakwah jangan asik sendiri sama dunianya, banyak temen-temen kita yang butuh ilmu kalian. Kita juga capek kali tiap hari hidup dengan pesta pora dan nge-hedon setiap hari. Buat anak-anak gaul lainnya, coba lebih buka mata dan hati lagi, jangan tiap ngeliat aktivis dakwah (ikhwan akhwat) langsung deh pikirannya teroris, anak tarbiyah, anak PKS, sok alim, dll. Banyak kok temen-temen ikhwan-akhwat yang asik diajak curhat tanpa meng-kafir-kafirkan. Oke, mungkin ini aja tulisan gue. Lebih kurangnya mohon maaf. Tetap semangat dan terus belajar!

No comments: