Tuesday, February 24, 2015

Tinggal di Apartemen?

Beberapa minggu yang lalu saya diajak oleh guru SMA saya untuk membantu beliau sharing mengenai focus group discussion (FGD) dan peresentasi dengan adik-adik kelas di SMA 3 yang akan mengikuti lomba. Karena beliau sangat baik dengan saya (masih muda, kami seperti teman saja), tanpa ragu saya langsung mengiyakan. Ternyata kegiatan tersebut akan diadakan di apartemen salah satu murid SMA 3 di kawasan Kasablanka. Cuma 5 menit jalan kaki dari Mal Kota Kasablanka (Hayo pasti pada tau kan). Nah ini yang bikin saya bingung dan deg-degan. Jujur aja saya belum pernah masuk apartemen temen seumur-umur hehe. Dulu sih waktu SMA dan pas kuliah ini sebenarnya ada beberapa teman yang tinggal di apartemen, tapi saya gak pernah masuk ke bangunannya. Paling jauh cuma anterin sampe parkiran basement trus saya pergi lagi (waktu itu kita patungan taksi hehe). Karena bingung, saya cari taulah gimana prosedurnya biar bisa main ke apartemen haha norak banget kan. Tapi zonk... gak ada yang nulis tentang itu di internet. Hmm.. karena mau gak mau harus dateng ke sana, saya tanya saja sama guru saya itu, saya harus bilang apa kak nanti ke satpam. Kata guru saya, gakpapa masuk aja ke Tower B, ketemu satpam bilang mau ke foodhall, udah dibilang kok temennya dina-dini mau main. Nah, sip-sip lumayan lega deh.
Pulang dari les di LBI UI, saya langsung naik kereta ke stasiun Tebet dan lanjut lagi naik angkot 44 sambil pesan ke supirnya minta diturunin di apartemen *u*i *as*bl**ka (wkwk). Ternyata apartemennya sebrangan sama kuburan -_-. Oke, naik jembatan penyebrangan dan... taraaa.... sampe di gerbang masuknya. Lalu ketemu pak satpam trus nanya, "Pak, tower B dimana ya?", "oh disana mas. Mau ngapain? main futsal?". Jiaaaahhhh.... "bukan pak, mau ke foodhall ketemu temen". "Oh, silakan silakan lurus aja nanti ketemu pintu masuknya". Oke, sejauh ini aman. Btw, saya lewat parkiran luar apartemen, semuanya isinya bule-bule gitu. Sampai pintu tower B ketemu lagi sama satpam. "Pak, mau ke foodhall lewat mana ya?". "Oh, temennya dina-dini ya? langsung saja ke tangga itu mas lewat taman". "Oh, makasih pak".
Taraaaa... sampai juga di foodhall. dan.... lagi-lagi isinya bule semua lagi duduk-duduk lucu. Saya langsung join duduk bareng sama guru saya dan adik-adik SMA 3. Saya juga sempat diskusi di gazebo taman sama mereka. Nyaman juga sih, sepi... ada taman. Ada playground. Bersih. Gak terasa kami udah diskusi lama banget. Udah jam setengah 5. Harus solat ashar dulu dong. Nah, tapi gak mungkin solat harus ke apartemen si adik kelas kan mana rame lagi kan. Ama dia diajak ke mushollanya gitu di basement. Biasa deh, mau ke musholla harus lewat tangga darurat model kaya dek kapal gitu. Agak awkward juga sih model tangganya lorong-lorong gitu. Sampe deh di musholla, lumayan gede sih, tapi biasa banget. Semua yang solat satpam... ga ada penghuni apartemen yang solat disitu kayanya kecuali si adik kelas saya itu. Kami pun solat rame-rame dan balik lagi ke foodhall.
Hari sudah sore, dan ternyata taman dekat foodhall semakin ramai oleh anak-anak penghuni apartemen beserta para babysitter mereka. Gak sedikit juga bule-bule yang gendong anak mereka buat main. Wah, seru juga ternyata. Gak kalah heboh dan berisik suasananya sama di gang deket rumah. Cuma bedanya, kalo di deket rumah anak-anaknya main pake bahasa betawi lo gue, kalo disini anak-anak itu bersosialisasi pake bahasa inggris. iya... bahasa inggris. Kalo gue perhatiin lagi, ini apartemen sebagian besar penghuninya warga negara asing. Mulai dari yang bule-bule pirang, orang cina, sampe orang arab. Mulai dari yang cuma pake baju seadanya, sampe yang pake cadar. Anak-anak tersebut heboh banget mainnya, mereka kelihatan ceria banget. Eh tapi... jangan dikira mereka mainnya baik-baik juga loh. Sama aja kaya anak kampung, ngomongnya rada kasar gitu haha. Bedanya mereka ngomong kasarnya pake bahasa inggris. Kayak MTV gitu wkwk.
Satu lagi yang unik menurut saya, pembantu-pembantu di apartemen ini gayanya nyeleneh juga loh. Mereka juga ikutan cuma pake tanktop dan hotpants mirip majikan mereka yang bule-bule, bahkan beberapa pake rok mini gitu. Ada juga sih yang pakai jilbab (biasanya ibu-ibu, kalau dilihat dari anaknya sih kaya orang arab gitu majikannya). Nah, pembantu-pembantu ini gajauh beda lah ya sama mbak-mbak komplek, selagi anak bos lagi pada main mereka asik ngerumpi haha. Mereka tapi kompak juga loh sesama pembantu dan babysitter ada aja kerjaannya, selain itu mereka akrab juga sama bule-bule yang gendong anak tadi. Saya lihat beberapa om-om bule asik gendong anak mereka sampil ngobrol sama beberapa pembantu. Kaya ga ada jarak diantara mereka. Jadi pandangan selama ini kalo kehidupan apartemen kaku dan membosankan mulai terbantahkan, walau tidak sepenuhnya benar juga sih.
Selesai latihan, udah malem. Tapi guru saya ngajak makan dulu ke KoKas. Kami tanya-tanya ke adik kelas yang punya apartemen gimana caranya. Kata dia lewat joggingtrack aja, nanti tembus masuk hotel, trus nyampe deh di KoKas. Oke, dengan modal nekat dan sedikit nanya-nanya satpam kami memulai pencarian jalan ke KoKas. Awalnya biasa... kita lewat joggingtrack. Masuk tangga darurat hotel. Nemuin lift, terus naik lift. Dan tau apa yang terjadi...... ketika pintu lift terbuka..... kita sudah tiba di lobby salah satu hotel mewah dengan lantainya yang berkilat-kilat diiringi dengan lantunan musik klasik. Dan bodohnya cuma ada kami dengan seorang resepsionis. Dengan gaya urakan karena abis belajar kelamaan kami cuek aja lewat lobby hotel itu. Terus diliatin satpam, mungkin dia heran... 3 orang cowok dengan gaya abis pulang kuliah kok ada di hotel mewah gitu haha. Tapi bapaknya baik, kita nanya jalan ke kokas dikasih tau kok.
Alhasil, tibalah kami di kokas. Jadi intinya, tinggal di apartemen itu gak sekaku sama apa yang dibayangin. Walaupun gak sebebas tinggal di rumah biasa. Kita tetep bisa bersosialisasi kok, anak-anak juga tetap bisa punya temen main. Jadi, tinggal di rumah atau apartemen? :)

No comments: